Terobosan

28 Dec 2016

Terobosan boleh jadi menjadi kata yang sangat penting bagi manusia modern saat ini. Terobosan menyiratkan aktivitas mematahkan atau memintas jalan sehingga proses pencapaian jauh lebih cepat. Dalam bisnis, terobosan bisa diwujudkan dengan menemukan produk atau jasa yang berbeda dari orang kebanyakan. Atau boleh jadi produk/jasa sebenarnya sama saja, namun ditawarkan dengan gaya promosi atau pemasaran yang unik dan kreatif.

Nah, kunci terobosan terletak pada kreativitas. Bagaimana menggagas produk yang mudah dikenal dan mudah digunakan serta bermanfaat bagi pelanggan. Bisa dari segi harga, tampilan, atau cara pemakaian. Dalam konteks blogging, saya teringat percakapan dengan seorang teman belum lama ini. Seorang kawannya mengelola sebuah web dengan omset 20 juta per bulan. Tentu saja blog ber-niche khusus. 

Setelah dikurangi biaya ini-itu termasuk sejumlah content writer, hasil bersihnya mencapai 10 juta rupiah. Ini jumlah yang impresif, menurut saya. Menyewa jasa penulis lepas adalah cara jitu sehingga menghemat waktu. Dia bisa fokus pada penjualan sementara blog diisi oleh penulis yang sudah teruji. Dengan membayar jasa mereka, pencapaian target bisa lebih mudah ketimbang bila dikelola sendiri dengan risiko kewalahan dan beban pikiran yang berat.

Saya pikir ini salah satu contoh terobosan. Bagaimana dengan kawan-kawan?


TAGS blogging terobosan bisnis


-

Author

enigma

Follow Me